Menambahkan Signature pada Google Docs

Google Docs adalah aplikasi pengolah kata yang mempermudah kolaborasi dengan rekan kerja atau tim. Aplikasi ini bisa menyimpan dokumen Anda secara aman pada ruang Drive yang tersedia di akun Google Anda.

Dan tambahan pula Anda bisa menggunakan Google Docs untuk membuat signature atau tanda tangan pada dokumen.

Sebenarnya tips ini bukan dukungan fitur resmi yang ada di Google Docs, tetapi hanya trik saja – sehingga perlu beberapa langkah supaya mendapatkan yang perlukan. Namun hasilnya tetap terlihat seperti signature yang sesungguhnya – bukan sekedar cantuman nama anda saja. Dan tentu saja dengan trik ini Anda tidak perlu lagi menggunakan layanan pihak ketiga untuk akun Google atau juga Anda tidak perlu lagi harus mencetak  dokumen lalu menandatanganinya lalu men-scan dokumen kemudian mengirimkan via email.

Ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Siapkan dokumen yang akan ditambahkan signature/tanda tangan. Buka browser dan masuk ke docs.google.com. Klik File > Open lalu pilih tab Upload. Pilih file doc anda dan upload..maka akan terbuka di Google Docs.

2. Setelah dokumen terbuka, pilih Insert > Drawing > New.

3. Klik panah bawah di sebelah line tool dan pilih Scribble. Scribble maksudnya supaya Anda bisa menggambar seperti menggunakan pensil.

4. Buatlah signature/tanda tangan Anda dan klik  Save and Close setelah selesai. Untuk hasil lebih baik, gunakan stylus pen sebagai ganti mouse.

5. Hasilnya, signature akan muncul di dokumen sebagai image, yang bisa di-resize agar sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Catatan, pada saat tutorial ini dibuat, sudah kami coba juga pada Google Docs mobile app, namun tidak ada opsi untuk menyisipkan gambar (insert drawing). Jadi untuk sementara, hanya bisa dilakukan pada PC desktop.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 7 =