Jenis-jenis Mesin Laminator yang Beredar di Pasaran

Anda sedang mencari mesin laminator? Anda bingung dengan beragam pilihan yang ada? Baca panduan singkat ini untuk bisa membedakan beberapa jenis mesin laminasi.

GBC 620s roll laminator
GBC 620s roll laminator

Roll Laminator:

Biasa disebut juga “film laminators”, jenis laminator ini biasa digunakan di organisasi besar seperti sekolah. Mesin laminasi tipe ini menggunakan rol-rol film yang besar untuk melaminasi dokumen dengan beragam ukuran, dan Anda bahkan bisa melaminasi dokumen dalam jumlah banyak lalu merapihkannya secara otomatis. Dokumen-dokumen yang akan dilaminasi ditempatkan pada bukaan di atas selembar plastik. Ada roller di atasnya yang menahan lapisan atas laminasi. Saat mesin mulai, lembar-lembar plastik dijalankan dan sejauh mana mereka akan melekat bersama secara permanen di sekitar dokumen.

Keuntungan menggunakan roll laminator adalah seperti yang telah dinyatakan di atas: Anda dapat memproses dokumen dari hampir semua ukuran, dan Anda dapat melaminasi banyak dokumen dalam satu seri, seperti jalur perakitan. Beberapa kerugian roll laminator adalah biaya yang lebih tinggi dari mesin ini dibandingkan dengan pouch laminators yang ukurannya lebih kecil. Ukuran yang lebih besar berarti bahwa roll laminator mungkin harus menempati tempat khusus di dalam ruang kerja atau pusat pemrosesan Anda.

GBC Inspire plus A3 pouch laminator
GBC Inspire plus A3 pouch laminator

Pouch (Kantong) Laminator:

Pouch Laminator pada umumnya berukuran lebih kecil, mesin lebih berciri portable dan menggunakan plastik laminasi ukuran tertentu  (disebut kantong/pouch) untuk melapisi dokumen. Kertas dokumen yang ingin dilaminasi diletakkan di dalam kantong, kemudian kantong ditempatkan ke dalam yang disebut “carrier”  (penutup pelindung) dan dijalankan melewati mesin. Seperti pada roll laminating, sewaktu plastik yang sudah dilapisi lem adhesive dipanaskan, maka kedua sisinya melekat dan dengan demikian dokumen terlindung di dalam pastik itu.

Ketebalan kantong mulai dari 3 mil hingga 10 mil (satu mil sama dengan seperseribu inci). Semakin tebal mil, akan semakin kaku hasil laminasi. Dokumen yang dilaminasi dengan kantong ukuran 3 mil akan mudah ditekuk, sedangkan yang dilaminasi dalam kantong 10 mil akan  sangat kaku dan hanya bisa sedikit menekuk.

Beberapa keuntungan dari laminasi kantong/pouch adalah bahwa mesin-mesin tersebut umumnya lebih kecil sehingga dapat disimpan ditempat lain ketika tidak digunakan, dan bahwa harga biasanya jauh lebih murah. Sedangkan “kerugian”nya adalah  hanya dapat melaminasi dokumen dengan ukuran tertentu (apa pun yang cocok/pas dengan kantong dan mesin Anda) sehingga ada keterbatasan sedikit di sini.

Catatan tentang media pembawa (carrier): Saat ini banyak mesil laminator pouch yang memiliki fitur free-carrier atau  “bebas-pembawa”, tetapi sebenarnya fitur ini justru harus dihindari. Karena selalu diperlukan operator manual yang membantu menjaga agar perekat/lem tidak menempel pada rol dan pada akhirnya mungkin memperpanjang usia mesin laminator Anda.

GBC Arctic Titan cold laminator
GBC Arctic Titan cold laminator

Cold Laminator:

Laminator jenis ini tergolong jenis yang baru, laminating dingin/cold memberi konsumen pilihan yang bagus. Menggunakan perekat dan tekanan alih-alih panas, laminator dingin adalah satu-satunya jenis mesin yang dapat memastikan kedap air. Mesin laminator jenis ini juga sangat berguna untuk digunakan ketika tidak ada sumber daya di sekitar, seperti lokasi di festival outdoor. Dalam beberapa kasus Anda mungkin harus merelakan hasil laminasinya tidak bisa kaku, tetapi mesin juga sedikit lebih aman karena mereka tidak menggunakan panas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + twenty =