Berita

5 Fitur pada Windows 10 yang Akan Dihilangkan

Windows 10 Fall Creators Update akan hadir dalam waktu dekat ini. Para pengguna dan komentator teknologi saat ini sedang fokus membiacarakan fitur-fitur baru apa saja yang utamanya akan dihadirkan oleh Windows 10 update. Namun bagaimana jika sebaliknya, fitur-fitur apa saja yang akan dihilangkan? Mari kita lihat beberapa fitur Windows inti yang akan hilang atau digantikan pada Windows 10 Fall Creators Update.

1. Paint

Aplikasi Microsoft Paint yang sudah sejak lama hadir di sistem operasi Windows akan segera ditinggalkan di  Windows 10 Fall Creators Update. Anda mungkin ingat kehebohan saat Microsoft membuat pengumuman pertama mereka mengenai ‘matinya’ Paint.

Microsoft telah memindahkan  banyak fitur utama yang ada di aplikasi Paint lama ke aplikasi Paint 3D yang lebih baru dan lebih lengkap. Tapi, seperti yang ditekankan oleh para pecinta Paint versi lama, Paint 3D tidak sama dan sama sekali tidak bisa diperlakukan seperti pada Paint lama. Mungkin karena masih banyak penggemarnya ini lah akhirnya Microsoft memutuskan Paint tidak sepenuhnya dibuang dari pembaruan mendatang, tetapi memberikan opsi kepada pengguna agar bisa mengunduhnya dari Windows Store secara gratis.

Namun tersedia cukup banyak aplikasi untuk menggambar yang tersedia untuk Windows 10. Jika Anda hanya perlu memotong dan mengatur-ulang ukuran gambar secara cepat, Irfanview adalah pilihan yang tepat karena ringan. Jika Anda butuh fitur yang lebih banyak, GIMP atau Paint.NET menawarkan banyak fitur untuk penyuntingan. Dan jika Anda merasa kurang nyaman jika harus menginstall aplikasi untuk urusan sepele saja, maka Anda bisa  mencoba aplikasi penyunting online seperti Pixlr Editor dan Pixlr Express. Atau yang relatif baru, BeFunky. Atau alternatif lainnya, Cloudpaint.

2. Syskey

Mungkin Anda sudah pernah menonton video tentang seorang telephone scammer sedang beraksi? Mungkin Anda melihat mereka menggunakan (atau berusaha menggunakan)  Syskey untuk mengunci individu yang akan masuk ke jerat penipuan itu dari komputernya. Terlepas dari penggunaannya pada telephone scams, alat enkripsi Syskey ini tidak lagi aman. Karena itu, fitur ini juga akan dibuang, dan Microsoft menyarankan penggunanya untuk beralih ke BitLocker. BitLocker memang tersedia pada Windows 10 Pro, Enterprise, atau Education. BitLocker merupakan fitur inti di semua versi Windows 10 tadi, tetapi pada versi Windows 10 Home, tidak tersedia BitLocker.

Alternatifnya, Anda bisa merencanakan untuk memperbarui ke Windows 10 Pro dengan biaya sekitar $99, atau Anda menggunakan VeraCrypt. VeraCrypt berlisensi open source, memiliki beberapa fitur bagus, dan juga menawarkan pre-boot authentication pada enkripsi keseluruhan disk.

Jika sistem operasi Anda menggunakan Syskey sebaai lapis keamanan, maka ia tidak akan diperbarui ke Window 10 Fall Creators Update.

3. Sync Your Settings

Fitur ini juga dipilih oleh Microsoft sebagai yang termasuk ke dalam aplikasi yang tidak ikut diperbarui. Memang beralasane, karena setiap pengguna Windows 10 menggunakan proses sinkronisasi yang berbeda juga. Misalnya pengguna Enterprise State Roaming.

Untuk mengatasi masalah back-end ini, Microsoft tidak memberlakukan lagi proses Sync Your Settings dan akan memperkenalkan proses baru pada pembaruan terakhirnya.

4. System Image Backup

System Image Backup juga sudah lama ada dan disertakan di dalam paket instalasi Windows 10. Namun di versi Windows 10 The Fall Creators Update, fitur SIB ini sudah dibuang.

Dengan diperkenalkannya program-program backup yang low-cost (atau bahkan gratis) berikut juga kapasitas penyimpanan gratis di cloud,  berarti fike-file dan dokumen penting Anda dengan  mudah juga bisa “dicadangkan” di tempat lain.

Menariknya, Microsoft “merekomendasikan para pengguna untuk menggunakan solusi pencadangan full-disk dari vendor lain.” Ini hampir pasti berarti bahwa Microsoft tidak akan mengimplementasi pengganti untuk SIB pada update lainnya.

Bagaimana dengan alternatif pengganti SIB? Anda bisa menggnakan opsi gratis seperti Cobian Backup, atau Paragon Backup & Recovery Free Edition, dll.

5. Enhanced Mitigation Experience Toolkit

Microsoft juga membuang Enhanced Mitigation Experience Toolkit, atau EMET. EMET adalah aplikasi gratis untuk keamanan yang tersedia untuk pengguna, aplikasi ini bertindak sebagai lapis keamanan tambahan setelah firewall, tetapi sebelum peranti lunak antivirus.

Microsoft sebenarnya sudah mengintegrasikan dan memperbarui banyak fungsi dari EMET ke dalam aplikasi Windows Defender Exploit Guard (WDEG).

WDEG akan tersedia bagi semua pengguna Windows 10 yang melakukan pembaruan ke versi  Fall Creators Update.

Dengan hadirnya WDEG  pengguna akan mendapatkan kesempatan untuk menyesuaikan pengaturan mitigasi secara spesifik, misalnya memblokir integritas gambar dalam aplikasi tertentu. Tapi jika Anda tidak mau repot melakukannya, jangan khawatir – pengaturan standarnya pun sudah menawarkan perlindungan ekstra.

 

Inilah lima piranti yang segera akan hilang atau seluruhnya dihapus dari Windows 10. Tetapi versi Fall Creators Update membuat banyak perubahan – bukan hanya lima item di atas. Selengkapnya lihat dibawah.

Yang tidak didukung lagi:

  • IIS 6 Management Compatibility
  • IIS Digest Authentication
  • Microsoft PaintRSA/AES Encryption untuk IIS
  • Sync Your Settings
  • System Image Backup (SIB) Solution
  • TLS RC4 Ciphers
  • Trusted Platform Module (TPM): TPM.msc dan TPM RemoteManagement
  • Trusted Platform Module (TPM) Remote Management
  • Windows Hello for Business deployment yang menggunakan System Center Configuration Manager
  • Windows PowerShell 2.0: digantikan dengan PowerShell 5.0

Yang Dihapus:

  • 3D Builder app: Akan tersedia di Windows Store
  • Apndatabase.xml
  • Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET)
  • Outlook Express: membuang baris perintah yang sudah tak aman lagi
  • Reader app: diintegrasikan ke Microsoft Edge
  • Reading List: diintegrasikan ke Microsoft Edge
  • Fungsi Screen saver pada Themes: dialihkan ke fungsi  lockscreen
  • Syskey.exe
  • TCP Offload Engine
  • Tile Data Layer: diganti dengan Tile Store
  • Trusted Platform Module (TPM) Owner Password Management