Alat Kantor

Cara Kerja Paper Shredder – Penghancur Kertas

Kalau kita cermati namanya – paper shredder – berarti alat untuk mengancurkan kertas. Sepertinya mudah dimengerti. Kata “penghancur” atau dalam bahasa Inggris disebut “shredder” berarti menggambarkan proses mekanis untuk menghancurkan dokumen rahasia atau mengandung informasi rahasia untuk memastikan informasi itu tidak terbaca atau bisa digunakan dan disalahgunakan oleh pihak lain.

Mesin penghancur kertas strip-cut GBC S206
Mesin penghancur kertas strip-cut GBC S206 yang banyak diminati karena harga lebih ekonomis.

Walaupun semua mesin penghancur kertas memiliki tujuan yang sama, tetapi tidak semua mencapai tujuannya dengan cara yang sama atau dengan tingkat efektivitas yang sama. Dua jenis penghancur kertas yang utama adalah strip-cut dan cross-cut (potongan confetti). Model strip-cut juga dikenal sebagai stright-cut atau spageti-cut dan memotong kertas menjadi strip panjang berukuran lebar sekitar ¼ hingga ½ inci. Semakin sempit strip, berarti semakin bagus tingkat keamanannya. Jenis shredder ini menghasilkan limbah terbanyak dan paling kurang aman, karena potongan-potongannya dapat dipasang/disusun kembali; namun, mesin shredder jenis ini membutuhkan lebih sedikit perawatan dan dapat menangani kertas dengan volume besar.

Mesin shredder jenis Cross-cut / Confetti juga dikenal sebagai potongan mikro atau potongan berlian. Mesin ini memotong kertas secara horizontal dan vertikal menjadi sekitar 500-800 bentuk geometris kecil seperti berlian, persegi panjang, dan jajaran genjang. Meskipun mesin-mesin ini lebih mahal dan mungkin memerlukan lebih banyak perawatan, namun  memberikan penghancuran yang lebih aman dan hanya perlu beberapa langkah sebelum akhirnya kertas yang telah dilumat dibuang ke wadah penampungnya. Semakin kecil partikel yang dihasilkan mesin, semakin tinggi tingkat keamanan yang ditawarkan dan berarti juga semakin lambat mesin shredder beroperasi.

Mesin penghancur kertas micro-cut GBC M515 untuk penggunaan besar.
Mesin penghancur kertas cross-cut GBC M515 untuk penggunaan besar.

Jenis mesin penghancur kertas lainnya adalah particle-cut, disintegrators dan granulators, hammermills, pierce dan tear machines, dan grinders. Mesin particle-cut akan memotong kertas menjadi kotak-kotak atau lingkaran-lingkaran kecil. Disintegrators dan granulators secara acak memotong-motong kertas sampai menjadi seperti tepung. Sedangkan Hammermills sama sekali tidak memotong kertas, tetapi “memukul” kertas melalui sebuah layar sehingga menghasilkan butiran-butiran kertas. Mesin shredder jenis Pierce and Tear melakukan penghancuran kertas persis seperti namanya – yaitu menusuk (pierce) kertas dengan pisau yang berputar dan kemudian merobek (tear) nya. Sedangkan mesin penghancur kertas jenis Grinders menghancurkan kertas dengan cara menggiling (grind) kertas sampai menjadi cukup kecil untuk dilewatkan ke sebuah layar.

Selain itu untuk membedakan cara kerja mesin penghancur kertas adalah dengan mencermati kapasitas dan kualitasnya. Ada mesin penghancur kertas yang dirancang untuk digunakan secara personal – individu atau kelompok kecil yang biasa menghancurkan kertas lebih sedikit dari 200 lembar per hari. Ada juga mesin penghancur kertas yang khusus untuk kantor atau organisasi besar, peralatan produksi yang bekerja nonstop untuk usaha, dan mesin penghancur kertas dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi untuk melindungi informasi rahasia.

Kemampuan pengumpan (feed) untuk mesin shredder mulai dari satu lembar setiap kali proses penghancuran sampai 500 lembar sekaligus. Untuk menghindari kerusakangangguan pada mesin, carilah mesin penghancur kertas yang bisa menangani kira-kira 20% lebih banyak dari kebutuhan penghancuran yang sudah Anda prediksi  sebelumnya..

 

Alat Kantor Lainnya

Leave a Comment

13 − nine =