How-To

Bagaimana Memberi Pelumas pada Mesin Shredder?

Apakah Anda menggunakan mesin shredder atau penghancur kertas secara rutin? Tahukah Anda bahwa mesin shredder pun perlu pelumas supaya dapat bekerja dengan maksimal? Tahukah Anda caranya?

Seperti halnya mobil, jika Anda sudah berkendara lebih dari 10.000 kilometer, oli mobil pun perlu diganti. Demikianpun mesin shredder – Anda perlu secara rutin melumasi mesin tersebut. Peraturan umumnya, Anda harus menggunakan pelumas shredder  atau shredder oil dan melumasi headnya setelah satu jam penggunaan terus menerus.

Mesin shredder jenis strip cut (potongan lurus) tidak memerlukan pelumasan sesering micro cut dan high security shredder. Kedua jenis shredder terakhir ini memerlukan pelumasan lebih sering. Penting diingat, bahwa Anda harus menggunakan pelumas yang khusus untuk mesin shredder – misalnya GBC Shredder Oil berkapasitas 473ml. Pelumas ini memiliki formula khusus yang berbeda dengan jenis pelumas lainnya. Sebagian pelumas shredder dikemas dalam bentuk paket untuk mengisi kontainer atau wadah yang secara otomatis melumasi mesin shredder untuk jenis high end shredder. Ada juga pelumas yang dikemas dalam botol yang pada bagian tutupnya ada lobang kecil untuk dituangkan langsung ke media shredder.

Ada beberapa metode dalam melakukan pelumasan mesin shredder. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara pertama adalah indirect method (tidak langsung).

Dengan cara ini, Anda menuangkan pelumas shredder ke atas kertas. Cara menuangkannya, pertama kali dengan pola huruf “S” dari atas sampai ke bawah kertas. Kemudian kertas yang sudah diberi pelumas itu digabungkan sekaligus dengan kertas-kertas yang akan dihancurkan lalu masukkan ke mulut shredder. Lalu, geser tombol reverse ke posisi ON supaya roller berputar berbalik arah dan pelumas melapisi semua gear di dalamnya. Lakukan ini selama satu menit penuh.

Cara kedua adalah direct method (langsung).

Dengan cara ini, Anda langsung menuangkan pelumas ke dalam gear dari atas mulut shredder di bagian atas. Hati-hati, pastikan pelumas hanya masuk ke dalam mesin. Dan lagi, jalankan tombol reverse dan lakukan proses ini selama satu menit penuh.

Cara ketiga menggunakan lembaran pelumas

Tentu Anda harus memiliki terlebih dahulu lembaran-lembaran yang sudah mengandung pelumas. Sebenarnya lembaran ini adalah kertas yang mengandung pelumas. Anda hanya perlu memasukkan nya ke dalam mulut mesin shredder. Tetapi cara yang terakhir ini mungkin saja bagi beberapa orang tidak ekonomis karena hanya bisa sekali pakai.

Demikianlah beberapa cara untuk melumasi mesin shredder Anda. Selamat mencoba!

Alat Kantor Lainnya

Leave a Comment

five + two =