Agar Hasil Laminasi Terlihat ‘Keren’

Melaminasi dokumen dan koleksi foto adalah cara yang sangat baik untuk membuatnya bertahan lama. Namun pernahkah Anda berpikir cara-cara apa yang bisa diterapkan untuk membuat hasil laminasi dokumen dan foto itu menjadi lebih keren dan enak dilihat? Jika demikian, barangkali beberapa hal ini bisa Anda coba:

Gunakan matte film. Sebagian besar film untuk laminating dan kantong laminasi yang beredar di pasat berciri glossy (mengkilat). Tetapi dengan menggunakan jenis matte laminate hasil laminasi akan terlihat lebih keren dan bisa ‘tampil beda’. Dan barangkali orang yang melihatnya tidak menyangka bahwa dokumen itu sudah terlaminasi.

Potong dan rapihkan pinggiran film laminasi. Walaupun sudah tersedua banyak kantong laminasi dengan beragam ukuran yang pas dengan beragam ukuran dokumen, tetapi kadang kala hasil laminasinya sering kurang baik karena menyisakan sisa-sisa laminasi. Jika ini terjadi, Anda perlu menggunting dan merapihkan pinggiran-pinggiran film laminasi itu. Gunakan gunting yang cukup tajam, atau pisau kreasi, atau alat potong trimmer.

Maksimalkan pengaturan mesin lamintor. Jika dokumen hasil laminasi Anda kelihatan tidak baik karena ada beberapa gelembung panas padanya, terlihat keriput, atau cacat lainnya, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan mesin. Jika ada terlalu panas atau tidak cukup panas, maka ada kemungkinan dokumen Anda tidak akan terlihat seperti seharusnya. Sesuaikan pengaturan bila perlu untuk memastikan hasil yang bagus.

Cobalah bereksperimen dengan foil lamination. Selain itu, Anda juga bisa membuat dokumen menjadi keren dengan bereksperimen dengan foil sebagai ganti kantong laminasi. Letakkan laminating foil di atas dokumen Anda, jalankan ke dalam mesin laminator, kemudian kupas kembali foil itu. Dokumen Anda akan terlihat lebih eye-catching.

Anda lihat, bahwa sangat mudah mempercantik dokumen Anda. Silahkan pilih cara yang sesuai dengan Anda: menggunakan matte film, merapihkan pinggiran film, mengatur pengaturan mesin laminator atau mencoba foil lamination agar dokumen Anda terlihat lebih berkilau. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =